JEMARIZALFA

Your Hand Your Future

Essential Oil dengan banyak manfaatnya

Essential oil adalah minyak alami yang diekstraksi dari satu jenis tanaman tertentu. Biasanya minyak ini didapatkan dari bagian bagian akar, batang, daun, bunga, atau buah-buahan. Minyak atsiri ini sering digunakan untuk aromaterapi karena aroma kesegarannya, namun tidak semua berbau harum dan cocok digunakan sebagai aromatherapy.

Untuk mendapatkan essensial oil yang murni dan alami maka harus dilakukan dengan proses destilasi melalui penyulingan uap air. Ada juga yang diproses melalui ekstraksi C02 dan juga proses pengepresan dingin tanpa melibatkan pemanasan. Essential oil yang telah diekstraksi ini kemudian dikombinasikan dengan bahan-bahan terlarut sehingga memiliki kandungan minyak terkonsentrasi dengan aroma dan karakteristik yang khas seperti tanaman asalnya.

Essential oil ini merupakan minyak alami yang telah digunakan sejak dulu untuk manfaat obat dan juga terapi kesehatan tubuh kita. Kandungan minyak tanaman ini berfungsi untuk perlindungan terhadap segala predator dan juga berbagai penyakit. Karena sifat-sifat ini maka banyak peneliti menggunakan tanaman tumbuhan ini dalam praktik pengobatan. Seiring perkembangan zaman yang lebih modern minyak ini diolah dan kemudian banyak diaplikasikan untuk kesehatan fisik dan psikologis manusia.

essential oil essenzo

Essential oil atau minyak atsiri banyak membantu penyembuhan infeksi, luka memar, menjaga kelembapan, mengontrol efek hormon, dan mampu untuk menarik serta menangkis serangga. Minyak essential aromatik ini bekerja dengan menstimulasi otak lewat rangsangan panca indra penciuman atau dihirup. Lebih dari itu essential oil juga memiliki efek mengobati ketika digosokkan pada kulit. Minyak ini tidak untuk dikonsumsi atau ditelan dan sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Manfaat Essential Oil bagi kita

Ada lebih puluhan jenis minyak dari tumbuh tumbuhan yang biasa digunakan untuk kesehatan. Masing-masing memiliki aroma dan karakteristik yang unik dengan kandungan manfaatnya. Diantaranya beberapa dapat berfungsi sebagai aromaterapi dan memiliki efek rileks menenangkan pikiran. Selain itu ada juga yang bersifat antiseptik dan berfungsi untuk mengurangi kemungkinan infeksi pada kulit. Berikut minyak esensial yang cukup populer.

Lavender E Oil

Kandungan alami dalam Lavender cukup banyak, salah satunya adalah Geraniol. Yang dimana sangat baik untuk perawatan, kontrol, pencegahan, & perbaikan penyakit pada penderita Kanker dan Stres Oksidatif. Kandungan Lavandula dalam Lavender dapat membantu memulihkan atau meregenerasi sel dalam tubuh khususnya pada luka di kulit. Lavender bersifat menenangkan, baik untuk meredakan emosi, kram, hidung tersumbat, sakit kepala, gangguan kecemasan, dan susah tidur. banyak digunakan untuk menghilangkan stres, mudah marah, serta serangan panik dan depresi. Info lengkap klik manfaat lavender esential oil.

Pepermint

Jenis ini adalah yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi pernapasan dan meredakan hidung tersumbat. Aromanya juga dapat menstimulasi otak untuk meredakan mual dan meningkatkan fungsi otak. Terkait Kandungan Peppermint diantaranya Memiliki Sifat Antioksidan, Anti Bakteri, Anti Jamur, dan Anti Virus. Kandungan Menthol-nya Yang Tinggi Dapat Menyejukkan dan Menenangkan Tubuh dan Pikiran. Pepermint juga mengandung Vitamin C Sebagai Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh. Kaya Akan Kandungan Vitamin B Kompleks, D, E, Fosfor Serta Kalsium Yang Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Silahkan klik Fakta menarik tenang pepermint.

Lemon Essential Oil

Pada Buah Lemon Terdapat Sekitar 22 Nutrisi Anti-Kanker Di Dalamnya, Bisa menyeimbangkan Keasaman (pH) Tubuh, juga sebagai Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh. Kandungan Kalsium Dalam Lemon Dapat Membantu Memutihkan Gigi. Berdasarkan Hasil Uji Klinis, diungkap bahwa salah satu tanaman terbaik untuk membantu mengatasi Demam adalah Lemon. KLik Keunggulan Lemon dalam mengatasi demam.

Tea Tree Essential Oil

Tanaman Tea Tree ini yang Berasal dari Australia, Sudah Terkenal Dari Jaman Dahulu Dengan Kegunaan Utamanya Adalah Berfungsi Untuk : Anti Bakteri, anti Inflamasi (Peradangan) dan Anti Septik. Sekarang sudah ditemukan cara agar kita bisa memperoleh EKSTRAK-nya, yang disebut Tea Tree Essential Oil. Dibutuhkan teknologi yang tinggi, waktu yang panjang, dan bahan baku yang sangat banyak untuk bisa mendapatkan Tea Tree Essential Oil ini.

Dibutuhkan 5 Kg Daun Tea Tree Untuk Menghasilkan 10 ml Tea Tree Oil. Tea Tree ini diyakini memiliki aktivitas sebagai antimikroba, tea tree dikenal banyak manfaatnya untuk membantu perawatan kulit, pengobatan jerawat, dan jamur kuku. Info lebih lanjut bisa klik TEA TREE.

Citronella Oil

Citronella/Sereh Wangi ini memiliki nama latin Cymbopogon Nardus. Citronella telah dipergunakan selama berabad-abad di Cina, Indonesia dan Sri Lanka untuk mengurangi ruam, inflamasi/peradangan, infeksi, rasa sakit dan kondisi kesehatan lainnya. Citronella mengandung 3 komponen utama yakni citronellal, citronellol, dan generaniol.

Manfaat utama dari Citronella Essential Oil ini adalah mengatasi masalah Rematik & Pegal Linu. Beberapa fungsi lain dari Citronella diantaranya untuk meredakan nyeri otot dan sendi, meningkatkan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, relaksasi pikiran, mengusir serangga. Dibutuhkan 20 Kg Daun Sereh Wangi Untuk Menghasilkan 10 ml Citronella Oil.

Minyak Nilam Atau Patchouli Oil

Nilam merupakan tanaman asli daerah tropis di Asia yang secara luas dibudidayakan di Cina, India, Malaysia, Indonesia, Mauritius, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Senyawa yang terkandung dalam minyak nilam atau patchouli oil ini termasuk alpha patchoulene, beta patchoulene, alpha guaiene, alpha bulnesene, caryophyllene, norpatchoulenol, patchouli alcohol, seychellene dan pogostol.

Minyak Nilam (patchouli oil) dapat Meningkatkan kontraksi Otot, sehingga mencegah rambut rontok dan menutrisi jaringan didalamnya. Minyak Nilam juga meregenerasi sel-sel kulit sehingga membuat kulit tampak muda dan sehat untuk rambut, pijatkan minyak nilam ke kulit kepala. FUNGSI UTAMA dari Patchouli Esential Oil adalah Membantu Mengurangi Gejala Kerontokan Rambut. Klik Tentang Patchouli ini.

Bergamot Essential Oil

Bergamot adalah tanaman tropis yang tumbuh subur di dataran Eropa. Aromanya yang kuat menjadi komponen yang populer di banyak parfum. Dalam Pengobatan Tradisional Cina, Bergamot Digunakan Untuk Membantu Aliran Energi Vital Sehingga Sistem Pencernaan tubuh Dapat Bekerja Dengan Baik. Klik cara praktis mendapatkan bergamot Oil ini.

Fungsi Utama Bergamot Essential Oil adalah  Membantu Meredakan Gejala Diare ataupun permasalahan pencernaan lainnya. Beberapa fungsi turunan dari Bergamot diantaranya Mengatasi Kelelahan, Relaksasi Pikiran, Membantu Menurunkan Demam, Purifikasi dan Pembersih Wajah Alami, Membantu Sistem Pencernaan.

Ginger Essential Oil

Salah Satu Tumbuhan Alami Yang Dapat Meredakan Asma Adalah JAHE (Ginger). Info lengkap klik 7 Khasiat Jahe Bagi Penderita Asma :

  • ​Jahe Memiliki Senyawa Seperti Gingerols, Shogaols, dan Zingerones Yang Berfungsi Sebagai Anti-Inflamasi dan Sifat Analgesik
  • Jahe Memiliki Properti Anti-Oksidan Yang Membersihkan Bahan Kimia Dalam Tubuh
  • Memberikan Efek Terapeutik Pada Perawatan Asma
  • Jahe Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan di Bagian Pernafasan
  • Memiliki Oleoresin Yang Mengeluarkan Lendir Di Tenggorokan Dan Paru-paru, Sehingga Melawan Infeksi
  • Menghilangkan Dahak Yang Menyebabkan Gatal Di Tenggorokan
  • Jahe Bekerja Dengan Cara Mengaktifkan Enzim Yang Merilekskan Saluran Napas

Itulah penjelasan seputar essential oil dan juga fungsinya untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mendapatkan berbagai manfaat EO tersebut, jangan ragu untuk menggunakannya.

INFO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *