JEMARIZALFA

Your Hand Your Future

Peppermint Essential Oil dan Manfaatnya

Peppermint essential oil adalah ramuan aromatik didalam keluarga mint. Dimana ini adalah mint hibrida persilangan antara spearmint dan watermint. Dapat ditemukan secara alami di Amerika Utara dan Eropa. Minyak esensial peppermint dapat diekstraksi dari daun tanaman peppermint dan digunakan untuk berbagai keperluan berbeda.

Bentuk minyak peppermint dapat ditemukan dalam berbagai bentuk contoh diantaranya termasuk:

  • minyak esensial/ peppermint essential oil, cairan yang pekat yang dapat digunakan untuk aromaterapi atau diencerkan dan diterapkan pada kulit. Ini yang akan kita bahas.
  • ekstrak, cairan yang lebih encer yang dapat digunakan untuk menambah rasa peppermint pada makanan
  • kapsul, digunakan sebagai suplemen makanan

Minyak peppermint memiliki aroma tajam yang sejuk dan menyegarkan. Anda mungkin terbiasa dengan kesejukan di mulut Anda setelah mengonsumsi sesuatu dengan rasa peppermint. Komponen kimia utama minyak peppermint adalah mentol dan menthone. Namun, ada banyak lagi juga. Nama ilmiah Minyak peppermint berasal dari tanaman peppermint, Mentha x piperita .

Pepermint essential oil memiliki banyak manfaat baik untuk menjaga kesehatan kita. Peppermint memiliki sifat antimikroba, pepermint mungkin merupakan essensial oil atau minyak atsiri paling serbaguna, dan paling laku didunia.

Peppermint essential oil memberikan sensasi dingin menyegarkan dan memiliki efek menenangkan pada tubuh, sehingga dapat meredakan sakit . Peppermint oil juga memiliki sifat antimikroba sehingga dapat membantu menyegarkan nafas tidak sedap dan meringankan masalah pencernaan.

Secara klinis, minyak atsiri peppermint memiliki manfaat anti-mual. Pepermint menimbulkan efek menenangkan pada lapisan lambung dan usus karena kemampuannya mengurangi kejang otot.

Peppermint menjadi salah satu pengobatan herbal Eropa tertua, catatan lainnya merujuk penggunaan peppermint untuk pengobatan di Cina dan Jepang kuno. Manfaat kesehatan peppermint oil juga telah ada sejak tahun 1000 SM dan ditemukan di beberapa piramida di Mesir.

Peppermint essential oil banyak gunanya

peppermint essential oil

Penggunaan Peppermint Oil Paling Umum dan bisa mendapatkan manfaat kesehatan diantaranya;

  • Manfaat untuk Pernapasan

Peppermint essential oil memiliki kemampuan membuka lebar saluran udara dan bertindak sebagai decongestant. Campurkan beberapa tetes pepermint oil dengan minyak kelapa dan eucalyptus essensial oil. Sebagai bahan untuk membuat obat gosok agar bisa mengurangi gejala asma dan bronkitis.

  • Mengurangi Mual

Sebuah penelitian studi medis menemukan bahwa minyak peppermint mampu mengurangi mual yang disebabkan oleh kemoterapi. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke air atau gosokkan 1-2 tetes di belakang telinga. Anda bisa juga dengan difusser untuk mengurangi rasa mual.

  • Menyegarkan Nafas anda dan Mengurangi Gigi Berlubang

Lebih dari 1.000 tahun, peppermint telah banyak digunakan untuk menyegarkan nafas secara alami. Anda bisa membuat pasta gigi dan atau meneteskan setetes peppermint di bawah lidah. Kemudian diikuti minum segelas air untuk menyegarkan napas.

  • Meringamkan Kembung dan Gangguan Pencernaan

Minyak peppermint dikenal sebagai alternatif alami untuk obat-obatan seperti buscopan untuk supaya mengurangi kejang usus besar. Peppermint bekerja dengan cara merelaksasi otot-otot usus, sehingga juga bisa mengurangi kembung dan gas. Cobalah dengan minum teh peppermint dan minum sebelum makan.

  • Menyembuhkan Sakit Kepala

Sebuah studi dari penelitian di Neurological Clinic di University of Kiel, Jerman. Mereka menemukan bahwa kombinasi berbagai minyak, termasuk minyak peppermint memiliki efek analgesik signifikan dengan menurunkan sensitivitas terhadap sakit kepala. Oleskan peppermint essential oil pada dahi dan pelipis untuk supaya menghilangkan sakit kepala.

Peppermint oil juga memiliki kemampuan meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan masalah usus serta mengendurkan otot yang tegang. Semua ini bisa menyebabkan sakit kepala atau migrain sehingga membuat peppermint oil menjadi pengobatan alami yang sangat baik.

  • Mengurangi Demam

Campurkan beberapa tetes peppermint oil dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan pada leher anak anda serta di bagian bawah kaki untuk bisa membantu menurunkan demam. Peppermint oil cocok digunakan sebagai pengobatan alami untuk menurunkan demam terutama pada anak-anak karena memiliki efek pendinginan.

  • Anti Gatal

Oleskan minyak peppermint yang dicampur dengan minyak lavender dengan merata untuk mendinginkan dan meringankan gatal apapun.

  • Meringankan Alergi

Dengan memakai diffuser, peppermint bersama dengan clove oil dan eucalyptus oil juga bisa dapat mengurangi gejala alergi. Minyak peppermint dapat efektif merelaksasi otot-otot di bagian hidung dan membantu membersihkan kotoran serta serbuk sari selama musim alergi.

  • Mengurangi Nafsu Makan

Menghirup minyak esensial peppermint dapat mencegah keinginan mengemil dan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat. Coba dengan menggunakan diffuser atau mengoleskannya beberapa tetes di pelipis atau dada, dan atau menghirup secara mendalam dari botolnya.

  • Meredakan Nyeri Otot

Peppermint Essential oil sangat efektif sekali sebagai obat penghilang rasa sakit alami dan relaksan otot. Peppermint dapat membantu dalam meringankan sakit dipunggung, sakit otot, dan sakit kepala akibat ketegangan.

Sementara beberapa manfaat lainnya minyak peppermint yang diusulkan berasal dari bukti anekdotal. Penelitian menunjukkan minyak peppermint mungkin bermanfaat untuk IBS dan kondisi pencernaan lainnya.

Minyak peppermint pada umumnya aman, tetapi bisa beracun jika dikonsumsi dan digunakan dalam dosis yang besar. Sebaiknya Anda harus selalu mencairkan minyak esensial peppermint sebelum digunakan.

Dapatkan peppermint essential oil disini

Baca juga : manfaat lavender essential oil

Baca juga : Apa itu diffuser

INFO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *